Perkembangan penggunaan internet di
Indonesia akhir-akhir ini mengalami perkembangan pesat. Saat ini sekitar 30%
atau 82 juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Bermacam-macam alasan
orang menggunakan internet, ada yang bersosial media, ada yang benar-benar
mencari informasi dan banyak pula orang yang menggunakan website sebagai alat
untuk mengembangkan bisnis seperti company profile dan online shop.
Menjamurnya online shopping di Indonesia
banyak yang tidak didukung oleh kesiapan
online shopping tersebut dalam manajemennya. Ujung-ujungnya, online shop
tersebut tidak lagi dipercaya oleh customer yang pada akhirnya akan mematikan
usaha online shop tersebut. Hanya online shop yang inovatif dan uniklah yang
akan mampu bertahan menghadapi persaingan.
Inovasi yang dilakukan
store.co.id Saya lihat menarik antara lain :
* Toko online
satu-satunya yang gratis ongkir
Hanya di store.co.idlah
yang menerapkan gratis ongkos kirim bagi yang berbelanja ditempat itu. Makanya
store.co.id berani mengklaim sebagai satu-satunya online store yang
menggratiskan ongkos kirim.
* Review Baju Berhadiah
Kupon Belanja
Di store.co.id juga ada
program mereview barang berhadiah kupon belanja. Program ini juga sangat jarang
diterapkan oleh online store lain. Jika anda mau kupon belanja, anda harus
mereview barang yang dipajang di store.co.id terlebih dahulu baru anda akan
mendapatkan kupon belanja.
* Totebag
Program ini juga Saya
anggap menarik karena disamping berbelanja, Kita akan mendapatkan tas cantik
dari store.co.id secara cuma-cuma, itu dari sisi customer store.co.id. Sedangkan
dari sisi store.co.id sendiri, langkah tersebut akan meningkatkan citra dan
membuat konsumen selalu mengingat tempat belanja store.co.id. Tidak mahal, tapi
sangat berkesan.
Totebag edisi genit ini
merupakan salah satu contoh yang diterapkan store.co.id disamping totebag edisi
sepatu high heels, edisi kuning putih dan lain sebagainya.
Dari keunggulan-keunggulan tersebut,
yang tidak boleh dikesampingkan adalah produk yang dijual. Ada pepatah bilang “
semakin banyak umpan yang ditebarkan, semakin banyak ikan yang akan didapat “. Pepatah
inilah yang pas disematkan kepada store.co.id karena barang yang dijual
store.co.id sangat banyak ragamnya. Ada kalung, baju branded, kaos couple, baju muslim, butik
big size, baju hamil, baju menyusui, lingerie, baju korea dan lain sebagainya. Bisa
dikatakan store.co.id sebagai toko baju online terlengkap
karena disini tidak hanya dijual baju-baju “normal”, baju-baju yang big size-pun
juga tersedia dari yang xl, xxl, xxxl sampai
yang size 4L. Ini juga salah satu keunikan store.co.id dibandingkan dengan took
online yang lain, karena tidak semua toko online menjual barang yang ukurannya
big size.
Satu gagasan untuk store.co.id dari Saya yang
bisa diterapkan oleh store.co.id adalah gunakan jasa pengiriman yang mampu
menjembatani antara penjual dan pembeli. Saat ini PT Pos Indonesia mengeluarkan
strategi baru dengan cara menjamin uang pembeli barang online yang sudah
membayar ke online store sebelum barang dikirimkan oleh online store tersebut. Dalam
hal ini, PT Pos Indonesia tidak memungut biaya apapun dari penjaminan tersebut,
PT Pos Indonesia memungut jasa dari ongkos kirim saja. Pihak pembeli tidak
merasa kuatir dengan barang yang sudah di beli sedangkan pihak penjual, tidak
ada tempat bagi “penjual bodong” alias penipu untuk eksis mengeruk uang
pembeli. Saya yakin, jika store.co.id menerapkan hal ini justru akan semakin
meningkatkan trust pembeli kepada store.co.id. Tidak ada unsur promosi dalam
hal ini, karena Saya bukan bagian dari PT Pos Indonesia. Saya hanya
menggabungkan dua unsur unik menjadi satu kekuatan yang suatu saat pasti akan
diikuti oleh online store lain. Review singkat ini semoga berguna bagi
store.co.id
Majulah terus online store Indonesia…
Jayalah terus UKM Kita…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar